Header Ads

Tebar Benih Cinta Ikan di Kali Bengawan

Panorama kali Bengawan yang menyusuri kota Ngawi menjadi bagian tersendiri dari kekayaan dan keindahan Ngawi. Potensi Bengawan yang terpendam sayang untuk dibiarkan tanpa sentuhan. Debit air yang tak pernah kering menjadi salah satu alasan untuk menebar benih ikan. Tak luput Wakil Bupati (Wabup) Ngawi, Jumat 21 Oktober 2011, Ony Anwar bersama 100 orang masyarakat, siswa sekolah, muspika dan instansi terkait terlibat dalam kegiatan Tebar Benih Ikan di sungai Bengawan tepatnya desa Dumplengan kecamatan Pitu.

Kegiatan ini ditujukan untuk pendidikan kepada masyarakat agar tidak membuang limbah rumah tangga, pabrik maupun industry ke sungai, tidak menangkap ikan dengan racun yang dapat membunuh populasi ikan, serta pendidikan lingkungan bagi anak-anak sekolah.

Tak kurang dari 3000 ekor bibit ikan terdiri dari patin, lele, nila dan bawal disiapkan dalam tebar benih ikan di kali Bengawan. Wabup bersama masyarakat menebar beberapa ikan ke sungai sontak keriuhan menggema dalam prosesi tersebut.

“Penebaran benih ini merupakan salah satu bagian dari upaya untuk menjaga keseimbangan alam dan kelestarian alam. Dengan penebaran bibit ikan ini kami berharap masyarakat sekitar dapat ikut menjaga kebersihan sungai serta dapat dipakai ajang rekreasi,” ungkap Ony.

ditambahkannya, untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik, dia mengajak semua warga untuk terus menjaga kelestarian alam dan ekosistemnya. Hal itu, bisa dilakukan bukan hanya dengan meningkatkan kegiatan Tebar Benih Ikannamun juga menggalakkan pemeliharaan sungai yang sudah ada.Di samping menjaga keseimbangan dan kelestarian alam dengan tebar benih ikan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan dan mendukung program pemerintah dalam Gerakan Makan Ikan.

Wabup Ngawi, Ony Anwar dalam pernyataannya juga menyadari kegiatan Tebar Benih itu bukan merupakan hal baru. Karena itu diperlukan kesadaran dari semua warga untuk secara serentak mensukseskan program pro pelestarian lingkungan tersebut. Ketersediaan populasi ikan yang memadai juga dapat menarik masyarakat yang hobi mincing untuk menyalurkan hobinya dan sungai menjadi salah satu tempat wisata yang menarik.

Sumber : Humas Ngawi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.