Header Ads

Cuaca Ekstrim Berpotensi Terjadinya Puting Beliun

Sepanjang tahun 2016 sampai dengan awal April 2017 Kabupaten Ngawi berkali-kali disasar amukan angin puting beliung akibat dari cuaca ekstrim yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia. Beberapa wilayah di Kabupten Ngawi yang telah menjadi korban akibat buruknya cuaca yang tidak bersahabat antara lain Kecamatan Bringin, Kecamatan Kwadungan, Kecamatan Paron, Kecamatan Kasreman, Kecamatan Ngawi dan Kecamatan Pitu. Wilayah-wilayah tersebut tidak bisa menghindar dari serangan puting beliung yang dengan kejam mengobrak-abrik rumah pemukiman mereka disamping juga menjadi korban luapan air dari sungai Madiun dan bengawan Solo yang dengan ganas menghancurkan lahan pertanian mereka.

Belum lama ini 1 April 2017, angin puting beliung juga menerjang beberapa rumah warga dan menumbangkan sebatang pohon trembesi besar di Dusun Jugong, Desa Dumplengan, Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi. Setidaknya ada 3 rumah warga yang diobrak-abrik puting beliung, yaitu rumah milik Nardi (67), Dami (58), dan rumah milik Dadi (59). Keesokan harinya warga setempat bergotong-royong memperbaiki rumah dan membereskan robohan kayu besar yang menimpa kabel listrik dibantu anggota Posramil 0805/15 dan anggota Polsek Kecamatan Pitu.

Pelda Lukiyono Danposramil yang memimpin kerjabakti tersebut menjelaskan, sasaran kerja bakti kali ini difokuskan untuk membantu pemasangan genting dan membereskan pohon trembesi besar yang tumbang dan menimpa kabel listrik.

Walaupun atas kejadian tersebut mengakibatkan kerugian materi relatif tidak sedikit namun masih ada sisi keberuntungan, yaitu karena tidak ada korban jiwa.

Sumber : CerminNgawi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.