Header Ads

Dumplengan Kampoeng Boedhaya

Desa Dumplengan merupakan sebuah desa di Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, Desa Brang Lor (Seberang Utara Bengawan Solo) mempunyai kekhasan dalam menjunjung tinggi nilai - nilai luhur budaya bangsa.

Desa ini sejak dulu merupakan pusat seni budaya, khususnya budaya asli Ngawi. Mulai dari pembuat wayang, seni ukir, group kethoprak, dan kumpulan mocopat yang sampai saat ini masih terjaga dan terus dilestarikan.

Itulah kenapa Desa Dumplengan memberikan tagline kepada desanya , Desa Dumplengan Kampoeng Boedhaya. Arti budaya sendiri adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.